5 Sekolah Termahal di Jakarta, Apa Saja Fasilitas?

admin@start

Biaya sekolah merupakan salah satu pertimbangan Ayah dan Bunda ketika memilih pendidikan untuk anak. Khusus di Jakarta, Bunda pasti mengerti bahwa biaya pendidikan sama sekali tidak murah.

Untuk fasilitas pengajaran yang terbilang mumpuni, Bunda harus bersiap untuk mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Lima sekolah di bawah ini misalnya.

Informasi seputar sekolah internasional di Jakarta, Anda dapat mengunjungi: https://www.swa-jkt.com/life-at-swa/international-schools-putting-the-student-first/

Didapat dari CNBC Indonesia, kelima sekolah ini termasuk sekolah dengan kurikulum internasional, guru-guru berkompetensi, fasilitas terbaik, dan memakai bahasa lnggris sebagai bahasa pengantarnya. Kelima sekolah ini antara lain:

1. ACG School Jakarta

ACG School Jakarta berlokasi di kawasan Warung Jati, Jati Padang, Jakarta Selatan. Sekolah yang membuka pendidikan anak umur tiga sampai 17 tahun ini berdiri sejak 2004. Kurikulum yang digunakan merupakan International Baccalaureate (IB) dan langsung dari Selandia Baru, lalu bahasa yang digunakan 100 persen memakai bahasa Inggris.

Diinformasikan dari halaman web resmi mereka, ACG School mempunyai 30 ruang kelas, dua ruang lab, multimedia centre, ruangan seni musik, musala, kolam renang, dan lapangan sepak bola. Lapangan tersebut juga mempunyai lintasan lari di sekelilingnya.

Biaya pengajaran yang seharusnya Bunda rogoh untuk sekolah ini adalah Rp206 juta untuk kelas 1 sampai kelas 2. Seddangkan, kelas 3 sampai kelas 6 atau umur 7 – 10 tahun mengeluarkan biaya Rp259 juta. Sehingga total biayanya adalah Rp465 juta dan ini merupakan harga di tahun 2018 lalu.

2. New Zealand Independent School (NZIS)

NZIS juga menggunakan International Baccalaureate (IB) dengan jumlah murid maksimal 20 orang per kelasnya. Uniknya sekolah ini merupakan penekanan integrasi dan kerja sama para siswa.

Selain itu nyaris seluruh guru pendidiknya merupakan Warga Negara Asing. Di mana tiap kelasnya akan dijaga oleh dua orang guru.

Wajar saja jika biaya sekolah di NZIS ini cukup tinggi. Biaya di tahun 2018 lalu merupakan Rp364 juta yang dibagi enrollment fee Rp3 juta, tarif pungutan pengembangan tahunan sebesar Rp85 juta (dari tahun 1 sampai 6), lalu untuk uang sekolahnya Rp276 juta.

3. High Scope

High Scope di Indonesia terbagi di sebelas lokasi berbeda, termasuk di Jakarta, Medan, Bali, Palembang, dan Bandung. High Scope menekankan mengenai ‘Anak Sempurna’ yang mencoba menjadikan anak sebagai sosok yang tidak hanya cerdas dalam bberpikir, tetapi juga berbuat positif.

Uniknya, Highscope memakai cara multi age. Di mana dalam satu kelas terdapat dua grade sekaligus dan belajar bersama-sama. High Scope juga mengambil referensi pendidikan dari Amerika Serikat dan menggunakan cara bilingual.

Kurikulum yang digunakan dari High Scope merupakan cambridge dan konten nasional. Untuk sekolah di sini, Ayah dan Bunda harus mengeluarkan Rp502 juta hingga anak lulus SD. Biaya itu terbagi atas Rp70 juta untuk uang pangkal dan uang bulanan sekitar Rp6 juta. Sekali lagi harga ini merupakan harga di tahun 2018 silam.

4. Sekolah Cikal

Cikal menitikberatkan pada ‘5 Stars Competencies’ dan tidak mempunyai mata pembelajaran khusus. Namun, siswa mengembangkannya lewat praktek. Anak juga diajak untuk bermain sekaligus belajar di ruangan sekolah yang dekat dengan alam bermain.

Berdasar data dari CNBC Indonesia tahun 2018, Bunda yang berharap anaknya menimba ilmu di sini harus menyiapkan dana Rp481 juta. Itu terdiri dari uang pangkal Rp99,3 juta, biaya uang sekolah untuk tahun pertama sampai kelima sebesar Rp313,5 juta, dan tahun keenam Rp 68,2 juta.

5. Binus School Simprug

Binus School Simprug berlokasi di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Uniknya, tingkat Sekolah Dasar di sini hanya sampai kelas 5 saja.

Di akhir jenjang ini, anak dituntut untuk lebih mendalami minatnya dan mulai membuka nalar mengenai berbagai informasi. Sama seperti beberapa sekolah mahal lainnya, Binus School Simprug juga menganut kurikulum International Baccalaureate (IB) dan memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Data dari tahun 2018, untuk biaya menimba ilmu di sini adalah Rp671 juta. Itu terdiri dari Rp131 juta untung uang pangkal, biaya sekolah dari tingkat satu sampai lulus Rp540 juta.

Mencari sekolah dengan Cambridge Curriculum? Simak link berikut ini: https://www.swa-jkt.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Rompi Safety, Kelengkapan Pengerjaan Konstruksi yang Harus Digunakan Pekerja Bangunan

Konstruksi bangunan adalah zona yang cukup membahayakan seandainya tidak dikerjakan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang benar. Bahayanya semakin besar bila konstruksi dikerjakan di medan yang sulit seperti jembatan di sungai besar atau gedung-gedung tinggi. Karena itu, dalam menjalankan pembangunan, seorang pekerja harus memenuhi SOP, termasuk dengan mengenakan rompi safety […]

Subscribe US Now